AS dan Australia Berduka Akibat Kecelakaan Fatal dalam Latihan 'Predators Run'

AS dan Australia Berduka Akibat Kecelakaan Fatal dalam Latihan 'Predators Run'
Insiden Latihan Militer AS - Australia

Bidiknews24.com - Sebuah tragedi mengguncang latihan militer bersama antara Amerika Serikat dan Australia yang dikenal sebagai "Predators Run" ketika pesawat Osprey jatuh di Pulau Melville yang terpencil di utara Australia.

Insiden ini telah menelan tiga korban jiwa dan melukai lima anggota Marinir AS, yang saat ini dirawat dalam "keadaan serius" di Royal Darwin Hospital.

Latihan militer "Predators Run" adalah bagian dari upaya kemitraan militer antara Amerika Serikat dan Australia, yang juga melibatkan negara-negara lain di wilayah Asia-Pasifik.

Ribuan prajurit dari berbagai negara berpartisipasi dalam latihan ini untuk meningkatkan kerja sama dan kesiapan militer di kawasan ini.

Insiden tragis ini telah memunculkan pertanyaan serius tentang keselamatan latihan militer bersama. Pesawat Osprey sendiri telah memiliki sejarah bermasalah dengan serangkaian kecelakaan fatal selama bertahun-tahun, termasuk insiden di Norwegia tahun lalu yang merenggut empat nyawa Marinir AS.

Perdana Menteri Australia, Anthony Albanese, menggambarkan insiden ini sebagai "tragedi" dan "disesalkan," sambil menekankan bahwa pihak berwenang sedang berusaha menyusun apa yang terjadi. Dia juga menegaskan pentingnya memberikan informasi yang akurat dalam investigasi.

Latihan militer bersama seperti "Predators Run" adalah bagian integral dari strategi pertahanan Amerika Serikat dan Australia di Asia-Pasifik, yang telah menjadi fokus dalam upaya mereka untuk menghadapi pengaruh Tiongkok yang semakin kuat di wilayah ini.

Baca Juga :

Sementara penyelidikan tentang penyebab insiden masih berlangsung, pertanyaan tentang keamanan dan keselamatan dalam latihan militer bersama semakin menjadi sorotan, dengan harapan bahwa langkah-langkah yang tegas akan diambil untuk mencegah insiden serupa di masa depan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN