Ahmad Yohan: UMKM Langkah Preventif Mengentas Angka Kemiskinan di NTT

Ahmad Yohan: UMKM Langkah Preventif Mengentas Angka Kemiskinan di NTT
Foto: Seminar Bank Indonesia Tentang UMKM di Labuan bajo, Manggarai barat.

BidikNews24.com,Labuan Bajo - Anggota DPR RI daerah pemilihan (Dapil) NTT 1 Ahmad Yohan, selalu berkomitmen mendorong program-program pemberdayaan melalui mitra kerja Bank Indonesia, guna mengentas angka kemiskinan dan pengangguran di Provinsi Nusa Tenggara Timur terkhususnya di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat.

Usaha mikro kecil dan menengah (UMKM), diyakini mampu menumbuhkan semangat berwirausaha di kalangan anak muda maupun masyarakat di pelosok pedesaan Nusa Tenggara Timur.

Hal ini sampaikan Anggota Komisi XI DPR RI, Ahmad Yohan dalam seminar Bank Indonesia bertajuk " Peran Bank Indonesia Dalam Mendukung Kemajuan UMKM ", yang berlangsung di Hotel  Green Prundi, Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat Jumat,( 23/06/ 2023) kemarin.  Turut hadir juga sejumlah peserta Seminar dari kalangan  kelompok UMKM , ibu rumah tangga dan kaum milenial.

“ UMKM merupakan salah satu instrument untuk mensuport Labuan Bajo sebagai daerah wisata premium, “ ujar Ahmad Yohan.

Sejumlah Narasumber yang Hadir secara langsung dan secara daring dalam Seminar UMKM Bank Indonesia ini yakni, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Pratyaksa Candraditya, Narasumber dari Bank Indonesia perwakilan NTT, Yosef Boli Sura. 

Menurut Ahmad Yohan, pemberdayaan UMKM merupakan sebuah langkah strategis untuk meningkatkan kesejahteraan (bonum commune) rakyat setempat.

Sinergitas yang dibangun bersama Bank Indonesia melalui program pemberdayaan UMKM ini, sebagai upaya mendorong produktifitas masyarakat setempat, agar bisa berkreasi dan berinovasi mengolah berbagai potensi di daerah.

Berbagai program UMKM yang di gelontorkan Bank Indonesia selama ini, sebagai langkah preventif mengentas kemiskinan serta mengurangi angka pengangguran di NTT. Sebab, stigma tentang NTT selalu diidentikan dengan daerah termiskin, terbelakang dan terisolir.

"Saya ucapkan terima kasih kepada bank indonesia yang tidak henti-hentinya gencar mensosialisasikan kegiatan UMKM di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Harapan Kita, Program yang didorong oleh Bank Indonesia ini, bisa benar-benar menumbuhkan semangat Wirausaha di kalangan anak muda, dalam rangka menekan angka pengangguran dan angka kemiskinan" ungkap Ahmad Yohan.

Sementara Itu, Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi NTT, Pratyaksa Candraditya mengatakan, UMKM memiliki peran penting bagi perekonomian Indonesia, karena memberikan sumbangan signifikan khususnya dalam pembentukan produk domestik bruto dan penyerapan tenaga kerja. 

Selain itu, UMKM diyakini memiliki ketahanan ekonomi yang tinggi, sehingga dapat menjadi penompang bagi stabilitas sistem keuangan dan perekonomian.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN