Ahmad Yohan: Implementasi Wawasan Kebangsaan Cegah Ancaman Disintegrasi

Ahmad Yohan: Implementasi Wawasan Kebangsaan Cegah Ancaman Disintegrasi
Foto: Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Yohan Melakukan Sosialisasi 4 Pilar Di desa Laran Wutun, ILe Ape, Lembata, NTT.

Bidiknews24.com, Lembata - Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Yohan menegaskan, implementasi terhadap wawasan kebangsaan, dipandang sangat penting dalam tatanan kehidupan sosial bermasyarakat. Mengingat, ancaman disintegrasi akibat kehidupan berbangsa dan bernegara yang tak sejalan lagi dengan UUD 1945.

Hal ini ungkapkan Ahmad Yohan dalam kegiatan Sosialisasi Empat Pilar di desa Laran Wutun, Kecamatan Ile Ape, Kabupaten Lembata, Provinsi NTT pada 27 April 2023 lalu.

Ahmad Yohan yang akrab disapa Ayo, mengajak masyarakat desa Laran Wutun, agar mampu mengejawantahkan empat pilar bangsa ini dalam kehidupannya seharai-hari.

Baca Juga: 

“Akhir-akhir ini, kita dalam ancaman krisis identitas kebangsaan akibat kuatnya pengaruh budaya yang datang dari luar. Selain itu, dalam praktek kebangsaan, banyak juga kejadian-kejadian di tengah kita yang tak sesuai dengan semangat UUD 1945. Baik dari segi ekonomi, politik, sosial dan budaya," ujar Ayo.

Anggota DPR RI dari Deaerah Pemilihan (Dapil) NTT 1 ini mengatakan, yang ditakutkan adalah ancaman disintegrasi akibat kehidupan berbangsa dan bernegara yang tak sejalan lagi dengan UUD 1945. 

Ancaman kebhinekaan juga ada di depan mata kita dengan berbagai provokasi isu SARA dalam praktek politik kita akhir-akhir ini.
Oleh karena itu, ia berharap agar masyarakat bangkit sebagai kekuatan kontrol dengan wawasan kebangsaan yang dimilikinya dalam merawat kebhinekaan.

“Saat ini kita mengalami krisis identitas sebagai sebuah bangsa akibat masuknya budaya luar yang begitu masif ke dalam sistem kehidupan dan tata nilai kita.” jelasnya.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN