Ahmad Yohan & BI Wujudkan Komitmen Bantu 15 Kelompok UMKM Di Alor

Ahmad Yohan & BI Wujudkan Komitmen Bantu 15 Kelompok UMKM Di Alor
Foto: Penyerahan bantuan bagi 15 Kelompok UMKM di Kabupaten Alor.

BidikNews24.com, Alor-Anggota Komisi XI DPR RI Ahmad Yohan, menjadi satu-satunya wakil rakyat dari daerah pemilihan (Dapil) NTT 1, yang selama ini konsen mendorong pengembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Provinsi Nusa Tenggara Timur. Berbagai langkah preventif tengah dilalukan Ahmad Yohan dalam upaya mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Salah satunya, mendorong mitra kerja Bank Indonesia untuk melakukan intervensi terhadap program-program pemberdayaan seperti UMKM.

Dalam beberapa Kesempatan ketika melakukan kunjungan kerja di sejumlah daerah, Ahmad Yohan menegaskan, NTT memeliki potensi dan sumber daya alam yang sangat menjanjikan. Jika potensi dan sumber daya baik di sektor pertanian, perkebunan, kelautan dan perikanan, peternakan serta sektor pariwisata dikelola secara baik, maka akan berimplikasi terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat (bonnum Comune). 

Baca juga : Ahmad Yohan Ajak BI Optimalisasi UMKM di Manggarai Barat

Ahmad Yohan meyakini, UMKM menjadi leading sektor yang mampu menggerakan pertumbuhan ekonomi masyarakat setempat. Sehingga Ia selalu konsisten mendorong Bank Indonesia untuk menggelontorkan Program pemberdayaan melalui penguatan kapasitas, agar UMKM di daerah dapat bertumbuh dan produktif secara masif.

Berkat Sinergitas yang dibangun Ahmad Yohan bersama Bank Indonesia, 15 kelompok UMKM di Kabupaten Alor mendapatkan bantuan dengan nilai bantuan yang variatif. 

Bantuan bagi 15 Kelompok UMKM di Kabupaten Alor ini, diserahkan oleh Bupati Alor Amon Djobo, didampingi Kepala Dinas Perindustrian Kabupaten Alor dan asisten 1 Kabupaten Alor serta staf Ahli DPR RI Komisi XI Abdul Syukur Oumo. Penyerahan bantuan bagi para kelompok UMKM berlangsung di Aula Kantor Dinas Perindustrian Kabupaten Alor Selasa, (05/09/ 2023). 

Dalam sambutan yang mewakili anggota DPR RI (Ahmad Yohan, M.Si), Abdul Syukur Oumo menjelaskan, kegiatan ini adalah penyerahan bantuan UMKM erja sama anggota DPR RI (Ahmad Yohan, M.Si) dan Bank Indonesia (BI) dan hari ini diserahkan kepada 15 kelompok UMKM di Kabupaten Alor dengan masing-masing kelompok beranggotakan 10 orang dan mendapat bantuan sebesar 35 juta Rupiah tiap kelompok.

Dari 15 kelompok UMKM ini, masih ada 4 kelompok yang belum masuk bantuannya ke rekening kelompok karena kendala teknis di rekening, saya masih membangun komunikasi semoga 1 atau 2 hari ini bisa teratasi.  Perlu diketahui bahwa sejak pak Ahmad Yohan dilantik sampai hari ini sudah 14 Milyar dialokasikan untuk program bantuan sosial di kabupaten Alor.

Sementara itu, Bupati Alor Amon Djobo, dalam kesempatan itu mengatakan, pengalaman selama 10 Tahun sebagai Bupati Alor angka kemiskinan saat itu sekitar 27% dan lebih tinggi dari Propinsi NTT secara keseluruhan dan hari ini angka kemiskinan sudah turun menjadi 20 persen.
 
“selama menjabat sebagai Bupati Alor, Bapak Ahmad Yohan adalah orang yang berbudi baik dan punya kehendak baik untuk daerah ini, termasuk Ibu Juli Laiskodat. Beliau ini muslim tapi bantu gereja 150 juta, 100 juta, 50 juta, 40 juta termasuk masjid-masjid coba bayangkan itu. Bantu kita di saat Covid 19 dengan pembagian sembako, masker dan lain-lain. Waktu kapal Cantika Express kecelakaaan banyak korban orang ALor, semua orang kasi kecil badan ko, beliau yang termasuk bantu. Bapa mama, waktu bapak Wakil Bupati Kakak Alm meninggal di Jakarta saya telpon pak Yohan, beliau langsung jawab saya di perjalanan menuju rumah sakit, bapak tenang dan tunggu saja di Alor, beliau bantu itu," ungkap Amon.

Amon juga mengajak para pelaku UMKM agar menghargai budi baik orang yang punya jasa untuk masyarakat Alor. "Maka mari kita pilih ahmad yohan untuk terpilih kembali dan bisa bantu kita lagi. Ini bukan kampanye," ujar Amon. 

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN