356 Wisatawan terjebak di Karimunjawa Akibat Cuaca Buruk

356 Wisatawan terjebak di Karimunjawa Akibat Cuaca Buruk
Foto: KM Kelimutu

Bidiknews24.com-Sebanyak 356 wisatawan terkebak di Kepulauan Karimujawa, Jepara, Jawa Tengah sejak Sabtu (24/12/2022) akibat cuaca ekstrem.

Empat puluh orang di antaranya adalah wisatawan mancanegara dari Belanda, Jerman dan Eropa. Sisanya adalah wisatawan domestik yang berkunjung melalui biro jasa dan secara mandiri sejak Kamis (22/12/2022).

Dilansir Kompas.com, berdasarkan rilis dari BMKG disebutkan bahwa peringatan gelombang tinggi mencapai 2,5 meter hingga 4 meter terjadi di Perairan Karimunjawa pada Sabtu (24/12/2022).

Kapal penyeberangan di Jepara baik express Bahari maupum Siginjai diimbaui tidak beroperasi. Sehingg Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas 2 Jepara tidak mengeluarkan Surat Persetujuan Belayar (SPB) sejak Jumat (23/12/2022).

Hal itu merujuk surat Balai Pengelola Transportasi wilayah X Provinsi Jateng dan DIY Nomor AP.006/1/12/SATPEL.JPR/2022 tentang penundaan keberangkatan kapal akibat gelombang laut yang tidak aman untuk pelayaran.

Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mengatakan, Semua Sudah Diurus 13 orang pulang carter pesawat Sementara itu Camat Karimunjawa Muslikin menyampaikan merujuk dari data posko aduan di Karimunjawa, tak ada keluhan dari ratusan wisatawan yang tertahan di Karimunjawa.

Bahkan menurutnya, 13 wisatawan yang berkantong tebal sudah balik dengan mencarter pesawat. Muslikin pun memastikan kondisi ratusan wisatawan yang tertahan di Karimunjawa dalam keadaan baik-baik saja. Karenanya Muslikin meminta publik, termasuk para keluarga wisatawan untuk tenang.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN