21 Desember Tidak Boleh Keluar Rumah karena Ada Fenomena Solstis, Benarkah?

21 Desember Tidak Boleh Keluar Rumah karena Ada Fenomena Solstis, Benarkah?
Tangkapan layar video bernarasi tidak boleh keluar saat 21 Desember 2022 karena fenomena solstis .

Bidiknews24.com-Sebuah video dengan narasi tidak boleh keluar saat 21 Desember 2022, ramai di media sosial. Video tersebut diunggah oleh akun TikTok ini pada Minggu (11/12/2022).

Video juga disertai tangkapan layar laman berita yang menyebutkan bahwa 21 Desember mendatang akan terjadi fenomena solstis. "Tidak boleh keluar malam tanggal 21 Desember 2022," tulis pengunggah seperti dilansir Kompas.com.

Melalui kolom komentar, pengunggah juga menerangkan apa itu fenomena solstis. Menurut dia, solstis adalah gerak semu tahunan matahari yang menjangkau kedudukan di atas garis balik selatan.

Video ini pun ramai mendapatkan komentar dari warganet, dan telah ditonton oleh lebih dari 4,8 juta pengguna. Baca juga: Ramai soal Aplikasi KAI Access Dikeluhkan Down Saat Promo Tiket 12.12 Lantas, benarkah pada 21 Desember 2022 akan terjadi fenomena solstis? Dan benarkah masyarakat tidak boleh keluar rumah?

Penjelasan BRIN

Peneliti di Pusat Riset Antariksa Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Andi Pangerang mengatakan, solstis adalah fenomena astronomi biasa. Saat solstis, menurut Andi, tidak ada larangan bagi masyarakat untuk keluar rumah. Sebab, solstis tidak berkaitan dengan aktivitas berbahaya apa pun.


SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN