20 Shortcut Keyboard Paling Sering Digunakan di Windows untuk Mempercepat Pekerjaan

20 Shortcut Keyboard Paling Sering Digunakan di Windows untuk Mempercepat Pekerjaan
20 Shortcut Keyboard Paling Sering Digunakan

BidikNews24.com, Jakarta - Windows memiliki banyak shortcut keyboard yang dapat membantu meningkatkan produktivitas pengguna dengan cara yang efisien dan cepat.

Menggunakan pintasan keyboard dapat menghemat waktu dan menghindarkan kita dari mencari menu atau ikon yang tepat di layar.

Dalam artikel ini, kita akan mengulas 10 pintasan keyboard paling berguna di Windows:

Ctrl + C (Salin) dan Ctrl + V (Tempel):

Pintasan ini digunakan untuk menyalin teks atau item yang dipilih dan kemudian menempelkannya di tempat lain. Ini sangat berguna saat mengedit atau memindahkan konten.

Ctrl + X (Potong) dan Ctrl + V (Tempel):

Pintasan ini digunakan untuk memotong teks atau item yang dipilih dan kemudian menempelkannya di tempat lain. Berguna saat ingin memindahkan konten dari satu tempat ke tempat lain.

Windows Key + D:

Dengan satu kali tekan, Anda dapat langsung beralih dari aplikasi yang sedang berjalan ke desktop. Pintasan ini sangat berguna saat ingin dengan cepat mengakses desktop atau ketika ingin menyembunyikan semua jendela sekaligus.

Windows Key + L:

Mengunci komputer secara instan dan mengaktifkan layar kunci. Pintasan ini penting untuk menjaga keamanan data pribadi Anda ketika meninggalkan komputer sesaat.

Alt + Tab:

Berguna untuk dengan cepat beralih antara jendela aplikasi yang sedang berjalan. Terus tekan tombol Tab saat menahan Alt untuk memilih jendela yang diinginkan.

Windows Key + E:

Pintasan ini membuka File Explorer secara instan, memungkinkan Anda untuk dengan cepat mengakses dan mengelola berkas dan folder.

Ctrl + Z dan Ctrl + Y:

Ctrl + Z adalah pintasan "Undo" yang digunakan untuk membatalkan tindakan terakhir Anda, sedangkan Ctrl + Y adalah pintasan "Redo" untuk mengembalikan tindakan yang telah dibatalkan. Berguna saat Anda melakukan kesalahan atau ingin mengulang tindakan.

Windows Key + Shift + S:

Pintasan ini membuka alat tangkapan layar "Snipping Tool" yang memungkinkan Anda dengan mudah menangkap dan menyimpan tangkapan layar sesuai kebutuhan.

Ctrl + Shift + Esc:

Pintasan cepat untuk membuka Task Manager, yang membantu Anda mengelola dan mengakhiri proses atau aplikasi yang tidak responsif.

Alt + F4:

Digunakan untuk menutup aplikasi atau jendela aktif. Jika Anda ingin keluar dari program dengan cepat, ini adalah pintasan yang efektif.

Ctrl + Shift + T:

Pintasan ini berguna ketika Anda ingin dengan cepat mengembalikan tab yang baru saja Anda tutup di browser. Seringkali kita menutup tab secara tidak sengaja, dan dengan Ctrl + Shift + T, Anda bisa mengembalikannya tanpa harus mencari ulang.

Windows Key + I:

Dengan pintasan ini, Anda dapat membuka "Settings" atau Pengaturan Windows dengan cepat. Pengaturan Windows adalah pusat kontrol untuk mengelola berbagai pengaturan di komputer Anda.

Windows Key + Print Screen:

Mengambil tangkapan layar dan langsung menyimpannya ke dalam folder "Screenshots". Pintasan ini memudahkan pengambilan tangkapan layar tanpa harus menggunakan alat tangkapan layar tambahan.

Alt + F:

Digunakan untuk membuka menu "File" pada banyak aplikasi. Pintasan ini membantu Anda dengan cepat mengakses menu "File" tanpa harus mengklik mouse.

Ctrl + Shift + N:

Ketika Anda berada di File Explorer atau desktop, pintasan ini membantu Anda membuat folder baru dengan cepat dan mudah.

Windows Key + Tab:

Mengaktifkan tampilan "Task View", yang memungkinkan Anda untuk beralih antara jendela dan desktop yang sedang berjalan secara visual. Anda juga dapat membuat desktop virtual melalui fungsi ini.

Ctrl + F:

Pintasan ini digunakan untuk mencari teks dalam dokumen, halaman web, atau aplikasi. Membantu Anda menemukan informasi dengan cepat di tengah konten yang panjang.

Alt + Enter:

Pada File Explorer atau desktop, pintasan ini membuka Properti item yang dipilih. Sangat praktis untuk melihat detail dan mengubah pengaturan item tertentu.

Windows Key + "+" (plus) dan Windows Key + "-" (minus):

Mengaktifkan fitur "Magnifier" yang memperbesar area tertentu di layar. Sangat berguna untuk membaca teks yang kecil atau melihat detail dengan lebih jelas.

Ctrl + Shift + Arrow Key:

Pintasan ini membantu Anda dengan cepat memilih teks dalam jumlah yang lebih besar, baik secara horizontal maupun vertikal.

Memahami dan menggunakan pintasan keyboard ini akan membuat pekerjaan Anda dengan Windows menjadi lebih lancar dan efisien.

Teruslah berlatih menggunakan pintasan-pintasan ini dalam rutinitas komputer Anda, dan dalam waktu singkat, Anda akan merasakan peningkatan produktivitas dan efisiensi yang signifikan.

SCROLL UNTUK MELANJUTKAN KE KONTEN